Kamis, 28 Maret 2013

RESUME PERTEMUAN 1


Ruang Lingkup Ekonomi


Pada pertemuan pertama mata kuliah Teori Organisasi umum, di jelaskan tentang ruang lingkup ekonomi, dimana ruang lingkup ekonomi tersebut adalah suatu kebutuhan yang sangat dibutuhkan sehari-hari, dari bangun tidur hingga akan tidur kembali.
            Ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia mencukupi kebutuhannya hidupnya seperti produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.

Pengertian Ekonomi menurut beberapa ahli

Adam Smith. Adam Smith adalah seorang filsuf berkebangsaan Skotlandia. Teori ekonomi yang diartikannya adalah  laissez faire, yaitu teori ekonomi pasar bebas. Dan didalam bukunya Pengertian Ekonomui adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.

Abraham Maslow. Abraham Maslow merupakan seorang psikolog dari Amerika.  Selain itu beliau juga terkenal akan  pengertian ekonominya. Abraham Maslow membuat sebuah teori hierarchy of needs. Didalam teorinya ia menyimpulkan ada lima kebutuhan dasar manusia.

John Stuart Mill. John Stuart Mill seorang ekonom, filsuf dan penjabat senior di sebuah perusahaan East-India berkebangsaaan Inggris. John Stuart Mill mengartikan pengertian ekonomi adalah praktek ilmiah tentang pengeluaran dan penagihan keuangan.

Hermawan Kartajaya. Hermawan Kartajaya seorang Ahli Pemasaran yang dikenal masyarakat dunia. Ia mengemukakan pengertian ekonomi yaitu platform dimana sektor industri melekat diatasnya


Yang dimaksud prinsip dasar ekonomi adalah sebuah patokan prilaku pelaku ekonomi dalam perekonomian yang mengarahkan untuk bertindak dan berkesesuaian dengan apa yang diharapkan oleh pelaku ekonomi tersebut dalam mengambil keputusan, selama ini prinsip ekonomi yang banyak diajarkan dan dikenal adalah “ berusaha dengan usaha sekecil mungkin (tertentu) untuk mendapatkan hasil yang maksimal” perinsip ini jelas akan mengarahkan pada tindakan para pelaku ekonomi yang membolehkan segala cara unntuk memenuhi kebutuhannya, padahal dalam memenuhi kebutuhan ekonominya pelaku ekonomi harus tunduk pada etika dalam perekonomian (hanya menerima bila telah sepakat) membayar.






Sebagai makhluk social kita pasti pernah mengalami kesulitan ekonomi, inti dari masalah tersebut adalah bahwa manusia atau makhluk social kebutuhanya tidak terbatas, maka dari itu banyak manusia yang mengalami kesulitan ekonomi mulai dari sandang, pangan,dan pakaian.

Kebutuhan ekonomi manusia dibedakan menjadi tiga bagian yaitu:

1.      Kebutuhan primer/pokok, yaitu kebutuhan yang sangat harus dan mutlak di miliki oleh setiap manusia karena sangat penting bagi kehidupannya, kebutuhan ini harus terpenuhi maka kalau kebutuhan primer ini tidak tepenuhi maka manusia akan sulit dalam kehidupannya.

2.      Kebutuhan sekunder/tambahan, yaitu keperluan setelah kebutuhan primer di penuhi

3.      Kebutuhan tersier, yaitu kebutuhan yang hanya sebagai pelengkap kehidupan


Macam-macam sumber daya dalam ekonomi
·         SDA(Sumber daya alam)
·         SDM(Sumber daya manusia)
·         Sumber Daya Modal
·         Enterpreneur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar