Kamis, 24 November 2011

SIAPA PENCIPTA PERMAINAN OLAHRAGA SEPAK BOLA

Di sini saya akan menganalisis dan mencari tahu siapa sebenarnya penemu permainan olah raga sepak bola karna sampai sekarang banyak sekali yang mengclaim sebagai penemu permainan olahraga sepak bola ini.
Yah saya sebagai pecinta permainan sepak bola akan mencari tahu siapakah sebenarnaya penemu permainan sepak bola yang saya cintai ini, Sebagai penggemar sepak bola, saya sering merasa bingung dengan kata ‘sepak bola’ dalam Bahasa Indonesia. Makna ‘sepak bola’ memang mudah dimengerti, yaitu permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan, yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2 x 45 menit, dengan kemenangan yang ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan (Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online). Sementara menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia (KUBI) tahun 1976, ‘sepak bola’ adalah permainan bola biasa, yang ditendang dengan kaki, atau singkatnya bermain bola dengan kaki.
Yang membuat saya bingung adalah penulisan kata ‘sepak bola’ tersebut. Karena dalam beberapa literatur maupun dalam dunia jurnalistik, sering terjadi inkonsistensi penulisan ‘sepak bola’ (sepak dan bola dipisah) dan ‘sepakbola’ (sepak dan bola digabung). Begitu juga jika mengacu pada penggunaan kata tersebut secara institusional, dimana Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia menggabung kata tersebut sehingga dikenal dengan singkatan PSSI, bukan PSBSI. Sementara Sekolah Sepak Bola lebih dikenal dengan singkatan SSB, bukan SS.
Sepak bola adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing beranggotakan sebelas orang. Olahraga ini sangat terkenal dan dimainkan di 200 negara. Permainan sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola kulit berukuran 27-28 inci. Lapangan yang digunakan dalam permainan ini memiliki lebar 50-100 yard dan panjang 100-300 yard. Gawang tempat mencetak gol terletak di bagian ujung lapangan dengan dibatasi jaring berukuran tinggi 8 kaki dan lebar 24 kaki.
Sepak bola merupakan olahraga yang dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Bukti ilmiah yang bisa didapat adalah adanya permainan semacam sepak bola di negeri Cina. Kala itu, dinasti Han melatih tentara menggunakan “tsu-chu” untuk latihan fisiknya, yaitu latihan menendang bola kulit memasukkan ke dalam jaring kecil yang diikatkan pada batang-batang bambu panjang. Pemain membidikkan bola ke dalam jaring kecil menggunakan kaki, dada, punggung, serta bahu sambil berusaha menahan serangan dari lawan.
Di Jepang dikenal pula permainan semacam “tsu-chu” sekitar 500 – 600 tahun kemudian yang bernama Kemari, meskipun tidak kompetitif seperti di Cina. Yunani dengan “episkyros”, Romawi (Italia) dengan “haspartum”, dan Perancis dengan “choule” bisa memperpanjang daftar yang membuktikan sepakbola adalah olah raga yang berusia sangat tua.
Ada dugaan bahwa orang-orang Romawi membawa permainan itu ke Inggris. Tapi masih disangsikan apakah haspartum merupakan pendahulu sepak bola yang sekarang dikenal ini, sebab penduduk Celtic di Cronwall juga sudah mengenal permainan yang serupa yang disebut “hurling”. Waktu itu jelas belum ada peraturan yang baku. Orang boleh bermain tanpa jumlah yang pasti dan bukan hanya kaki, tetapi tanganpun boleh ikut memainkan bola. Bahkan boleh menendang tulang kering serta membawa lari bola.
Banyak teori tentang siapa yang mula-mula melaksanakan permainan sepak bola ini, tetapi yang pasti, Inggrislah yang mulai menyempurnakan sehingga perkembangannya halus seperti sekarang ini. Prakarsanya di mulai pada tahun 1863, tepatnya pada tanggal 26 Oktober, ketika sebelas perkumpulan di London mengadakan pertemuan untuk menjernihkan kekacauan dengan membuat serangkaian peraturan fundamental untuk mengatur pertandingan-pertandingan selanjutnya. Pertemuan ini berhasil membentuk Football Association (FA) yang pertama walaupun berbuntut keluarnya kelompok Rugby dalam rapat karena menolak peraturan yang melarang penginjakan, penendangan tulang kering dan melarikan/membawa bola. Akhirnya pada tanggal 8 Desember 1863, Rugby resmi mengurdurkan diri dan keduanya berjalan sendiri-sendiri.
Setelah 6 tahun Football Association berjalan, permainan sepak bola semakin mendekati kesempurnaan, terutama setelah adanya keputusan yang melarang setiap pemegangan bola (bukan hanya melarikan). Di tahun kedelapannya (baca: FA), selain anggota yang bertambah menjadi 50 perkumpulan, kompetisi sepak bola yang pertama juga mulai digelar di bawah naungannya. Pertumbuhan sepak bola melaju begitu pesat di seantero jagat bahkan pada tahun 1879 sudah dikenal langkah-langkah sepakbola profesional di Darwin, yaitu dua pemainnya: John Love dan Fergus Suter, dilaporkan sebagai orang-orang pertama yang menerima bayaran dari bakatnya bermain sepakbola.
Setelah Football Association, segera menyusul di Nederland, the Scottisch FA (1873), The TA of Wales (1875), dan The Irish FA di Belfast, Selandia Baru (1891), Argentina (1893), Chili (1895), Swiss dan Belgia (1895) Italia (1898), Jerman dan Uruguay (1900), Hongaria (1901), dan Finlandia pada tahun 1907.
Pada tahun 1907, berdirilah Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) di Paris, Perancis atas prakarsa 7 negara, yaitu Perancis, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia dan Swiss. Dari tujuh anggota berkembang menjadi 36 pada tahun 1925, dan setelah diselingi Perang Dunia II, FIFA sudah diikuti oleh 73 anggota pada perebutan Piala Dunia II. Saat ini FIFA mempunyai anggota sebanyak 146.300.000 klub, 200.000 di antaranya berada di Eropa dengan sekitar 680.000 tim dan 22 juta pemain yang aktif.
Karena peminat olahraga ini sangat banyak (bahkan terbanyak di seluruh dunia), maka pengembangan olahraga ini dilakukan sangat pesat agar bisa menjadi olahraga yang sempurna, tidak ada kecurangan dan frekuensi cedera pemain kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Karena ada yang bilang bahwa sepak bola adalah olahraga “teraman” ke-5.



Posisi pemain
Pada dasarnya, satu tim sepak bola terdiri dari 1 orang penjaga gawang, 2-3 orang pemain bertahan, (fullbacks), 2-4 orang pemain tengah, dan 1-3 orang penyerang Penjaga gawang adalah satu-satunya pemain yang boleh menggunakan tangan untuk melindungi gawang dari serangan lawan.Umumnya, penjaga gawang mengenakan pakaian yang berbeda dengan pemain lainnya di pakaian penjaga gawang ada sedikit busa di bagian siku dada dan pinggang karna untuk menguranggi rasa sakit pada saat penjaga gawang melompat terbang untuk menyelamatkan bola dari gol. Pemain bertahan memiliki tugas utama untuk menghentikan serangan lawan dan juga bias ikut membantu serangan sesuai taktik pelatih. Pemain tengah biasanya terdiri dari pemain tengah penyerang yang bermain dekat dengan penyerang untuk membantu serangan dan pemain tengah bertahan yang bermain dekat dengan pemain bertahan untuk membantu atau mematahkan serangan lawan. Penyerang memiliki tugas utama untuk mencetak gol ke gawang lawan sebannyak banyaknya untuk memenangkan pertandingan.
Posisi dasar pemain dapat mengalami modifikasi menjadi berbagai pola atau taktik permainan sesuai kebutuhan tim atau semaunya pelatih untuk mengalahkan lawannya. Beberapa pola pemain yang sering digunakan dalam berbagai kejuaraan adalah 4-4-2 (paling sering digunakan), 3-4-2-1 (kekuatan terletak di bagian tengah lapangan), serta 4-3-3 (formasi klasik dari tahun 1970-an yang sering digunakan oleh sistem total football Belanda dan Jerman Barat ). Sejak dahulu formasi pertama yang sering digunakan adalah 3-5-2 karna para pelatih dahulu ingin menguatkan lini tengah mereka
Tipe formasi
4-4-2
Formasi yang menggunakan 4 bek 4 pemain tengah dan 2 penyerang formasi ini biasa di gunakan tim indonesia di kancah sepak bola internasional. Formasi ini sering digunakan di klub-klub besar dunia seperti Spanyol. Formasi ini lebih menekankan permainan sepak bola yang penyerangannya dilakukan di bagian sayap, dengan begitu assist dan umpan lambung sangat memungkinkan berbuah gol.4-4-1-1, 4-2-4, 4-3-2-1, 4-3-1-2, 4-5-1
4-3-3
4-3-3 merupakan formasi yang terdiri dari 4 bek, 3 pemain tengah, dan 3 penyerang. Dengan 3 pemain tengah dan 3 penyerang memungkinkan penguasaan bola yang baik di daerah lawan. Permainan seperti ini dapat ditunnjukan oleh tim papan atas liga Spanyol yaitu Barcelona. 4-2-3-1, 4-3-3, 4-1-4-1, 3-4-3, 3-5-2, 3-6-1, 5-4-1, 5-3-2


Aturan permainan
Lapangan permainan
Untuk pertandingan internasional dewasa, lapangan sepak bola yang digunakan memiliki panjang yang berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Di bagian tengah kedua ujung lapangan, terdapat area gawang yang berupa persegi empat berukuran dengan panjang 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter. Di bagian depan dari gawang terdapat area pinalti yang berjarak 16.5 meter dari gawang. Area ini merupakan batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan dan menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan pinalti atau tidak.
Lama permainan
Lama permainan sepak bola normal adalah 2 × 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak. Jika kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti. Wasit dapat menentukan berapa waktu tambahan di setiap akhir babak sebagai pengganti dari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, cedera yang membutuhkan pertolongan, ataupun penghentian lainnya. Waktu tambahan ini disebut sebagai injury time atau stoppage time.
Gol yang dicetak dalam perpanjangan waktu akan dihitung menjadi skor akhir pertandingan, sedangkan gol dari adu penalti hanya menentukan apabila suatu tim dapat melaju ke pertandingan selanjutnya ataupun tidak (tidak mempengaruhi skor akhir).Pada akhir tahun 1990-an, International Football Association Board (IFAB) memberlakukan sistem gol emas (golden gol) atau gol perak (silver gol) untuk menyelesaikan pertandingan. Dalam sistem gol emas, tim yang pertama kali mencetak gol saat perpanjangan waktu berlangsung akan menjadi pemenang, sedangkan dalam gol perak, tim yang memimpin pada akhir babak perpanjangan waktu pertama akan keluar sebagai pemenang. Kedua sistem tersebut tidak lagi digunakan oleh IFAB.
Pelanggaran
Apabila pemain melakukan pelanggaran yang cukup keras maka wasit dapat memberikan peringatan dengan kartu kuning atau kartu merah. Pertandingan akan dihentikan dan wasit menunjukkan kartu ke depan pemain yang melanggar kemudian mencatat namanya di dalam buku. Kartu kuning merupakan peringatan atas pelanggaran seperti bersikap tidak sportif, secara terus-menerus melanggar peraturan, berselisih kata-kata atau tindakan, menunda memulai kembali pertandingan, keluar-masuk pertandingan tanpa persetujuan wasit, ataupun tidak menjaga jarak dari pemain lawan yang sedang melakukan tendangan bebas atau lemparan ke dalam. Pemain yang menerima dua kartu kuning akan mendapatkan kartu merah dan keluar dari pertandingan.
Pemain yang mendapatkan kartu merah harus keluar dari pertandingan tanpa bisa digantikan dengan pemain lainnya. Beberapa contoh tindakan yang dapat diganjar kartu merah adalah pelanggaran berat yang membahayakan atau menyebabkan cedera parah pada lawan, meludah, melakukan kekerasan, melanggar lawan yang sedang berusaha mencetak gol, menyentuh bola untuk mencegah gol, dan menggunakan bahasa atau gerak tubuh yang cenderung menantang.
Wasit dan Petugas Pertandingan
Dalam pertandingan profesional, terdapat 4 petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu wasit, 2 penjaga garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan. Wasit memiliki peluit yang menandakan apakah saat berhenti atau memulai memainkan bola. Dia juga bertugas memberikan hukuman dan peringatan atas pelanggaran yang terjadi di lapangan. Masing-masing penjaga garis bertanggung jawab mengawasi setengah bagian dari lapangan. Mereka membawa bendera dengan warna terang untuk menandakan adanya pelanggaran, bola keluar, ataupun offside. Biasanya mereka akan bergerak mengikuti posisi pemain belakang terakhir.
Petugas terakhir memiliki tugas untuk mencatat semua waktu yang sempat terhenti selama pertandingan berlangsung dan memberikan info mengenai tambahan waktu di akhir setiap babak. Petugas ini juga bertugas memeriksa pergantian pemain dan menjadi penghubung antara manager tim dengan wasit. Dalam beberapa pertandingan, teknologi penggunaan video atau penggunaan orang kelima untuk menentukan ketepatan keputusan wasit mulai digunakan. Misalnya yang menentukan apakah suatu bola telah melewati garis atau apakah seorang pemain berada dalam keadaan offside ketika mencetak gol.
Kejuaraan internasional
Kejuaraan sepak bola internasional terbesar ialah Piala Dunia yang diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Football Association (FIFA). Piala Dunia diadakan setiap empat tahun sekali dan dimulai di Uruguay pada tahun 1930. Pencetus ide tersebut adalah Jules Rimet, seorang pengacara dan pengusaha Perancis yang terinspirasi setelah menonton Olimpiade Paris tahun 1924.
Kompetisi international tertua di dunia adalah Copa America yang mempertandingkan tim-tim dalam wilayah Amerika Selatan setiap dua tahun sekali. Copa America pertama kali diadakan tahun 1916 dan diikuti oleh 10 negara yang akhirnya membentuk The South American Football Confederation (Conmebol). Untuk wilayah Amerika Utara, The Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football (CONCACAF) menyelenggarakan kompetisi internasional setiap empat tahun sekali yang disebut Piala Emas CONCACAF. Di kawasan Asia, negara-negara yang tergabung dalam Asian Football Confederation (AFC), mengadakan kompetisi internasional pertama tingkat Asia pada tahun 1956 di Hongkong yang disebut Piala Asia. Pada tahun 1960, kompetisi tingkat regional Eropa diadakan untuk pertama kalinya dengan nama European Nations' Cup yang kemudian disebut sebagai UEFA European Championship (Piala Eropa atau EURO). Di wilayah Oseania (meliputi Australia, Selandia Baru, dan berbagai Kepulauan Pasifik), kompetisi international setiap dua tahun dimulai sejak tahun 1996 disebut Piala Oseania. Untuk wilayah Afrika, kompetisi Piala Afrika mulai diadakan sejak 1957 di Khartoum.
Konfederasi Sepak Bola Asia
Konfederasi Sepak Bola Asia (dalam bahasa Inggris: Asian Football Confederation atau AFC) adalah badan pengatur sepak bola di Asia, tidak termasuk Siprus dan Israel, tetapi mencakup Australia.
AFC mempunyai 46 negara anggota yang mayoritas terletak di Asia. Negara yang memiliki wilayah di Eropa dan Asia, seperti Turki, Kazakhstan, Azerbaijan, Georgia, dan Rusia, tergabung ke dalam UEFA, sama halnya dengan Armenia, Siprus, dan Israel, yang seluruh wilayahnya terletak di Asia.
AFC didirikan pada 8 Mei 1954 di Manila, Filipina dan merupakan salah satu dari enam konfederasi benua FIFA. FIFA mengakui AFC sejak 21 Juni 1954. Markas AFC berada di AFC House, Jalan 1/155, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia. Presidennya saat ini adalah Mohammed bin Hammam (Qatar).
Nama-nama Negara yang terdaftar di AFC adalah Indonesia ,Thailand ,Vietnam ,Myanmar ,Filipina ,timur leste ,malingsia ,singapura ,Australia ,Brunei ,kamboja ,laos ,china ,hongkong ,guam ,jepang ,Taiwan ,korea utara ,korea selatan ,makau ,Mongolia ,provisional ,Bahrain ,iran ,irak ,yordania ,Kuwait ,Lebanon ,oman ,palestina ,Qatar ,arab Saudi ,surian ,UEA ,yaman ,afganinstan ,banglades ,Bhutan ,india ,kirgistan ,maladewa ,Nepal ,Pakistan ,sri langka ,Tajikistan ,Turkmenistan ,Uzbekistan
Konfederasi Sepak Bola Afrika
Konfederasi Sepak Bola Afrika (bahasa Perancis: Confédération Africaine de Football (CAF), bahasa Inggris: Confederation of African Football adalah suatu organisasi yang mewadahi sepak bola di Afrika, dan menyelenggarakan Piala Afrika (African Cup of Nations) serta Liga Juara Afrika (African Champions League). Konfederasi ini dibentuk pada tahun 1957, dan diwakili di Piala Dunia untuk pertama kalinya pada tahun 1970.
Nama-nama Negara yang terdaftar di CAF adalah Algeria , Botswana , Cameroon ,Chad , Congo DR ,Egypt ,Ethiopia ,Ghana ,Kenya ,Libya ,Mali ,Morocco ,Niger , São Tomé and Príncipe ,Sierra Leone ,Sudan ,Togo ,Zambia ,Angola , Burkina Faso ,Cape Verde , Comoros ,Côte d'Ivoire ,Equatorial Guinea ,Gabon ,Guinea ,Lesotho ,Madagascar , Mauritania ,Mozambique ,Nigeria ,Senegal ,Somalia ,Swaziland ,Tunisia , Zimbabwe , Benin ,Burundi ,Central African Republic ,Congo ,Djibouti ,Eritrea ,Gambia ,Guinea-Bissau ,Liberia ,Malawi ,Mauritius ,Namibia ,Rwanda ,Seychelles ,South Africa , Tanzania ,Uganda ,Réunion
Konfederasi Sepak Bola Oseania
Konfederasi Sepak bola Oseania (OFC; bahasa Inggris: Oceania Football Confederation) adalah salah satu dari konfederasi enam benua anggota Fédération Internationale de Football Association. Organisasi ini didirikan pada tahun 1966 dengan Australia, Selandia Baru, dan Fiji sebagai negara-negara pendirinya. Pada tahun 1996, OFC diterima sebagai anggota FIFA dan pada tahun 1998, OFC meresmikan logo barunya. Pada 1 Januari 2006, Australia keluar dari OFC dan bergabung dengan AFC.Selandia Baru menjadi wakil OFC pada Piala Dunia 2010.

Nama-nama Negara yang terdaftar di OFC adalah American simoa ,cook island ,fiji ,new Caledonia ,new Zealand ,niue ,kiribate ,papua new guinea ,samoa ,Solomon island , Tahiti (French Polynesia) , Tonga , Tuvalu , Vanuatu
Uni Sepak Bola Eropa
Uni Sepak Bola Eropa (bahasa Inggris: Union of European Football Associations, biasa disebut dengan singkatannya UEFA, adalah badan administratif dan pengatur sepak bola Eropa.
UEFA adalah badan sepak bola terbesar di dunia dari segi keuangan dan pengaruh kepada sepak bola dunia. UEFA didirikan pada 15 Juni 1954 di Basel, Swiss. Markasnya berada di Paris hingga 1959 ketika organisasi ini pindah ke Bern. Henri Delaunay adalah Sekretaris Jendral pertama dan Ebbe Schwartz presiden pertama. Sejak 1995, pusat administratifnya terletak di Nyon, Swiss. Saat ini ada 53 asosiasi sepak bola nasional yang bernaung di bawah UEFA.
Nama-nama Negara yang terdaftar di UEFA adalah Albania ,Azerbaijan ,Bulgaria , Denmark ,Finland ,Greece ,Israel ,Liechtenstein ,Malta ,Northern Ireland ,Romania , Serbia ,Sweden ,Wales ,Andorra ,Belarus ,Croatia ,England ,France ,Hungary ,Italy , Lithuania ,Moldova ,Norway ,Russia ,Slovakia ,Switzerland ,Armenia ,Belgium , Cyprus ,Estonia ,Georgia ,Iceland ,Kazakhstan ,Luxembourg ,Montenegro ,Poland ,San Marino , Slovenia ,Turkey ,Austria ,Bosnia-Herzegovina ,Czech Republic , Faroe Islands , Germany ,Republic of Ireland ,Latvia ,FYR Macedonia ,Netherlands ,Portugal ,Scotland , Spain ,Ukraine







Referensi
http://en.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar